25 Apr 2018

Hal Tidak Biasa, Bikin Kaget Orang

Kehidupan yang dijalani manusia setiap hari menjadi pengalaman selama hidup. Pengalaman tersebut bisa menjadi kebiasaan jika dilakukan berulang. Akhirnya, kebiasaan yang berulang ini dinamakan rutinitas.

Rutinitas yang dijalani pada saatnya nanti akan menimbulkan rasa bosan bagi para pelakunya. Jika rasa bosan ini telah muncul maka melakukan hal yang baru adalah menjadi solusi tepat.

Adalah banyak tantangan ketika kita melakukan hal-hal yang baru. Tantangan tersebut bisa berasal dari dalam maupun dari luar. Wajar saja karena hal baru tersebut belum pernah mereka lakukan. Orang-orang akan bereaksi terhadap hal-hal baru tersebut. 


Ada empat hal reaksi yang biasanya dimunculkan oleh seseorang jika ada suatu hal baru yang dilakukan di sebuah lingkungan. Sebuah kebiasaan baru akan memunculkan rasa cultural shock atau kekagetan budaya . Ada 4 rasa tersebut diantaranya adalah:


1.  euforia yang berlebihan
Gembira terhadap hal yang baru bukanlah hal yang salah tetapi ketika kegembiraan tersebut berlebihan maka di sanalah akan muncul masalah. Kadang harapan terlalu tinggi pada perubahan yang sedang terjadi akibatnya jika perubahan tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi -nya orang-orang ini akan merasakan kekecewaan yang mendalam. Pupuslah semangatnya untuk melanjutkan perubahan tersebut.


2. ketakutan yang berlebihan

Sebuah perubahan baru adalah sesuatu yang belum pernah dilakukan. Sesuatu yang tidak pernah ada sebelumnya biasanya memunculkan kekhawatiran-kekhawatiran terhadap hal-hal buruk yang dapat menimpa. Kekhawatiran yang berlebihan inilah yang memunculkan rasa takut terhadap perubahan itu sendiri. Akibatnya, perubahan itu tidak akan pernah terlaksana karena selalu terhalang oleh ketakutan-ketakutan untuk melangkah. Orang-orang seperti inilah yang akan mengalami kelambanan dalam menghadapi sebuah perubahan dan pada akhirnya mereka pun akan kembali kepada zona nyaman rutinitas yang telah mereka lakukan seperti biasanya.


3. tidak peduli atau masa bodoh
Tipe ketiga adalah orang-orang yang tidak peduli atau masa bodoh terhadap perubahan yang ada. Orang-orang ini merasa nyaman dengan rutinitas yang ia jalani dalam kehidupan sehari-hari mereka lebih memilih untuk menyingkir dan tidak mau terlibat di dalam proses perubahan itu sendiri. Bagi mereka tidak ada sebuah keuntungan yang dapat dipetik ketika melakukan perubahan tersebut.


4. Kritis Progresif
Tipe keempat yaitu kritis progresif. Orang-orang yang memiliki tipe ini akan menyambut perubahan tersebut dengan gembira tetapi tidak berlebihan dan selalu menepis ketakutan-ketakutan dengan sebuah rasa optimis untuk melangkah.

Pada akhirnya sebuah hal baru akan tercipta dan mereka pun siap untuk mengevaluasi terhadap kekurangan-kekurangan dari proses yang telah mereka jalani sebagai sebuah perubahan baru dalam hidupnya.

Orang-orang seperti inilah yang akan mampu menjadi lokomotor pada sebuah institusi ataupun lingkungan tempat mereka hidup. Dengan demikian hidup akan menjadi lebih baik . Bukankah sebuah keberuntungan jika hidup kita hari ini lebih baik daripada hari kemarin?

0 komentar:

Posting Komentar