26 Apr 2018

Memahami Manusia Bisa Ditelusur dari Kebutuhannya

estupitarto.com - Manusia hidup secara sosial. Ia hidup bersama dengan manusia lainnya untuk saling bahu membahu. Pada saat menjalin hubungan tersebut, seringkali kita akan dihadapkan pada kontroversi antara satu dengan lainnya. Kontroversi tersebut muncul karena berseberangan dengan kebutuhan masing-masing.

Memahami manusia bisa ditelusuri dari kebutuhannya. Berbicara mengenai kebutuhan manusia, pada hakikatnya terdiri dari dua bagian. Manusia sebagai insan seutuhnya terdiri atas jiwa dan raga. Kedua unsur tersebut masing-masing memiliki kebutuhannya. Berikut ini kebutuhan apa saja yang diinginkan oleh manusia sebagai insan seutuhnya.

1. Raga
Raga mewakili unsur fisik manusia. Tubuh akan selalau tumbuh jika dirawat dan dipenuhi kebutuhannya. Ada yang menyebutkan bahwa kebutuhan raga ini sebagai kebutuhan biologis. Apa saja kebutuhan tubuh tersebut?

a. Makanan dan Minuman
Tubuh membutuhkan asupan gizi untuk memenuhi perkembangan sel dalam tubuh. Kekurangan makanan atau minuman akan membuat tubuh ini bermasalah. Setiap manusia yang ingin bertahan hidup tentu akan berjuang untuk mendapatkan makanan dan minuman dengan jalan bekerja.

b. Sandang dan Papan
Tubuh juga perlu keindahan dan perlindungan. Kondisi alam yang dirasakan oleh tubuh manusia menantang manusia untuk meresponnya. Sandang dan papan menjadi kebutuhan manusia untuk melindunginya dari tantangan alam yang ada.

2. Jiwa
Jiwa juga membutuhkan makanan. Makanan bagi jiwa adalah rasa. Tentu saja rasa bahagia menjadi kebutuhan utama bagi jiwa-jiwa manusia. Setiap manusia tentu kaan mendamba hidup bahagia. Kebahagiaan tiap manusia bisa dilihat dari kebutuhannya.

A. Keyakinan
Setiap jiwa dimiliki oleh Tuhan. Oleh karena itu, jika jiwa-jiwa tersebut dengan dengan Tuhan tentu saja hidupnya akan tampak selaras. Keyakinan yang dirasakan oleh jiwa manusia inilah menjadi poros dari segala hal yang ia jalani dalam kehidupannya.

B. Penghargaan
Pada dasarnya manusia sangat suka dengan hal-hal yang berada dekat dengan kehidupannya. Tak heran jika mereka sangatlah suka dengan pujian. Pujian merupakan salah satu bentuk dari sebuah penghargaan orang lain atas dirinya. Apresiasi tersebut akan diperjuangkan dengan melakukan hal-hal yang dapat mengundang penghargaan. Panggung dan kesempatan adalah hal-hal yang didambakan oleh manusia yang memiliki kebutuhan ini. Cinta juga merupakan wujud penghargaan seseorang pada kita.

Photo by mentatdgt from Pexels
Itulah kebutuhan manusia dari sisi jiwa dan raga. Dengan memahami kebutuhan ini maka kita bisa meminimalisir pertikaian dan mengurai kontroversi sesama kita.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar